Macam-Macam Tes Ajaib, di Sini Tempatnya!

Kamis, 18 Juli 2013

6 Tips Hemat BBM Sederhana Untuk Awam

Assalamu'alaikum..



Sob, bensin sekarang mahal nih. (Terus kenape broo??)
Nah, makanya, sebagai pengendara motor, gue juga mau ngasih pendapat nih sob.. (Ohh, o,o *applause buat saya sendiri* ) :O

Ehm, gini.. Udah 3 taun ane ngurusin motor ane “EGA”. (Vega ZR 2010). Satu hal yang pasti, gue ngertiin dia banget, begitupun dia. Banyak juga hal-hal yang telah kita lalui bersama, yang membuat kita semakin dewasa. O_O (hloh?) *ditampol spion* #maklum #jomblo

Yah, pokoknya disini ane mau ngasih tau aja. Sebenernya “boros dan enggak” itu relatif kok. Tergantung gimana kebutuhan kita dan Gimana “kita” nya aja sih.

So, gue mau sharing aja, ini adalah cara gue dalam menghemat bbm pada 3 taun ini. Ya, memang, gue harus masih terus banyak belajar dan bercanda mesra lagi (#opoiki -_-) . Tapi inget ya, buat gue dan EGA, ini cukup efektif.!! ajaib lho ini.. (langsung catet). Nih ya, Vega ZR buat boncengan kira-kira 47 km/liter, buat sendirian bisa lebih dari itu, dan dengan Tips Hemat BBM ini, gue dalam menghemat bbm dibawah ini, insyaallah lebih deh, dan pastinya, gue udah buktiin sendiri nih.. ;)
Well, here are they:


Stabilkan Stationer-mu


Stationer adalah posisi idle atau saat gas nggak kita puter-puter gitu sob..
(Nah, kenapa penting jis??) Karena, keadaan ini sebenernya adalah keadaan simple yang ngabis-ngabisin bensin, tapi banyak pengendara motor yang nggak sadar. (Ciyus?? -_-)
Nah, berhubung ada sebuah pabrikan motor yang udah sadar duluan, (<<plis XD) sekarang sampe ada nih pabrikan motor yang make teknologi Idling Stop System (ISS). Apa itu?? Simple-nya gini, dari namanya aja keliatan, jadi saat posisi idle atau stationer tadi, mesin motor akan otomatis mati. (Eit?? Habis ntu di stater lagi donk??) :D Ow, tentu tidak, tinggal puter gas sob, langsung ngacir.
Tuh kan, sampe segitunya. Nah, apalagi motor kamu sob, aku, kita, berdua, saling mencinta *muntah*. Udah nggak bisa mati sendiri, stationernya kegedean pula. XD
Really?? Nggak kegedean?? Iyasih, kalo pagi, mesin dingin, nyalain motor, 100% dijamin enak..
Nah, kalo pas panas sob?? Lampu merah?? Pindah dari netral ke gear 1?? :D
Udah, cek dulu sob. Naik motor apa naik kebo tuh.. ^^V
Yah, itulah pengalaman saya.. Saya lho..
Coba deh, sekarang kenapa setelan mereka (bengkel resmi) biasanya kegedean. Nih, mungkin, mereka menganggap kita atau disini “saya” adalah pengendara motor yang : Bangun tidur, “woi, kunci motor mana kunci..!!” (<< oke ini gue) – nyalain motor – geber-geber – langsung tancep.
Tuh, nahlo, siapa yang begitu.. Emang sih, butuh tekanan oli untuk bisa melumasi mesin dengan sempurna. Dan itu tidak didapat pada stationer yang kekecilan, apalagi saat mesin dingin. Imbasnya pada lifetime mesin juga lagi. Jadi, mereka nggak salah kok.. :D

So, tips nya adalah :

Kecilin stationer jangan kecil-kecil amat sob.. Yang penting nggak “kayak banteng” lagi. Toh, bikin kampas kopling cepet aus juga..

Stationer carburator
Adjusting idle


O iya, kalo udah dikecilin, setiap manasin motor gas-nya agak gede-an dan naik dengan langsam ya sob.. Biarin oli naik dulu.. Jangan digeber-geber.. ;)


Campur Premium dengan Pertamax atau Pertamax Plus


Premium campur Pertamax
mix yeah *miringin topi*

(Eh, Nggak bahaya jis??)
Tenang, studi membuktikan (<< cieileh) nggak bahaya kok. Tapi paling nggak 1:1 lah, biar nggak rugi-rugi amat..
(Eit, ya tetep rugi 3500 lah jis.. pertamax harganya sekarang 10000 kok..?? T,T *nangis*).
Nah, ini nih.. Orang saya sudah membuktikan kok. *pasang tampang necis*
Oke lah, kalo full pertamax emang kampret banget lah habisnya sekarang sob.. Asli.. T,T
Tapi sekarang jangan bandingkan “harga” dengan “liter” sob.. Bandingkan “harga” dengan “jarak”..!!
Well, Jarak 2 liter “pure” pertamax (20.000) lebih panjang dari 2 liter “pure” bensin (13.000). Kira-kira kalo motor ane sih 3 kilo-an. (<< jaman bolak-balik sekolah nih XD). Tarikannya lebih asoooyy, Lebih bersih juga nih mesin. Nah, dengan kita capur tuh (16.500) katanya sih kayak premix yg kualitasnya lebih bagus. Tapi entahlah, tapi ane juga masih nyampur2 gini kok.. :$

Jadi, tips-nya :

Kalo ane sih, silang aja gitu. Kalo habis beli premium full, dipake separo tangki dulu, terus isi deh pertamax. Terus dipake separo tangki dulu lagi sob, baru diisi premium lagi.. Jangan ngisi dua kali di tempat berbeda sob.. XD kayak orang gila.
Eh, ngga percaya nih?? Ckckck, cobain dulu sob.. Pantengin tuh kilometer. ;)
And so, rasain ndiri deh bedanya.. ;)


Ngopling Gear di Jalan Turun


XD wkwkwk.. Ini sih bisa-bisaan-nya gue aja sih sebenernya.. Tapi EFEKTIF kok.
Ngopling disini, karna EGA itu transmisinya semi-otomatis maksud ane adalah menahan perseling pol kedepan atau kebelakang waktu ngoper. Nah, itu sama aja ngopling di motor manual sob. XD
Jadi gini, calon kampus gue itu jalannya agak keatas. (<< Cieelah, calon). Nah, pulangnya, otomatis banyak turunnya kan.. So, ngapain nge-gas.. Nggelundung aje. :D
Ya, tips ini lebih ke teknik mengendara sih emang, tapi habisnya kacek banget lho sob.. ciyus..

persneling
persneling gue sampe bosen diinjek..


Tips :

Pertama-tama, kita pasti jadi bisa bersyukur banget kalo ada jalan turun. (hehe..)
Kedua, otomatis kita cuma bakal ngandelin rem. Jadi, waspadalah..!!!
Ketiga, karena stationer kita agak kecil tadi, pasti mesin jadi mati.. Eit, nggak usah di stater, lepas aja koplingnya dikit.. ntar kan nyala lagi.. :D Halah, Kayak nyetater motor balap gitu sob.. #maklum #AnakMotorGagal


Ganti Dengan “Yang Standard-standard Saja”


Genuine parts
Genuine Parts


Masih make knalpot yang suaranya nyaingin TOA masjid sob?? Masih make ban sepeda ontel buat motor lo sob?? Atau, karbu lo nyedot bensin kayak orang nggelonggong sapi??
Udah, kembaliin aslinya aja.. *manas-manasin* Orang EGA cuma ganti racing aja sekarang kehausan gini.. T,T #heuheu
Oke deh, kecuali, yang nggak berpengaruh atau yang justru bikin tambah enteng motor.. Contoh : Ganti spion, ganti tutup pentil, ganti boncengin pacar orang.. :/ *ditimpuk footstep*
Ya, menurut gue sih mencoba bijak aja sih sob. Boleh-boleh aja sih mau modif-modif. Tapi kalo udah jelas-jelas merugikan, apa lagi yang mengganggu orang lain, buat apa dipertahanin. ;) Yang ngerasain boros apa nggak juga kita yang punya juga.. Iya nggak?? *applause* :@


Optimalkan kinerja motormu


keawetan komponen

Sebenernya, inilah inti dari semuanya sob. Rawat secara teratur, kenali motormu lebih dalam, dan sering sharing pengalaman, insyaallah awet sob.
Masak knalpot bocor lo biarin aja, masak pengapian udah nggak bagus mau dipertahanin terus, masak bunyi udah mbrebet gitu mau diterusin juga. #UdahPutusinAja (hloh??) #salahfokus

Tips ane :

Kenali dulu aja part-part dasar yang harus sering diperhatikan kayak busi, oli, rantai, filter udara, setingan carbu (yg FI ane ngga tau dah.. wkwkwk). Sering bawa ke bengkel resmi juga. Ane sih biasanya sebulan sekali (kalo sempet). Yang penting kenali kerusakan-nya aja sob, biar tau, nggak gampang di-kibul-in, dan keliatan sayangnya sama motor.. :$

Hidup Nebengers..!!!!!


boncengan ajaib
hloh, o_O nebeng sih, tapi yang ditebengin?? :D

Terakhir..
Wahai Anak Muda.. Hidupkanlah jiwa-jiwa nebeng di hatimu..!!
Seperti kata pepatah, “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.
So, mari beli bensin dengan semangat kebersamaan.. Mari kita patungan..!! *applause* *dilemparin koin* *mayan* *buat beli bensin*


Wkwk, Sory sob.. Long Post.. Ada apa-apa komeng aja sob.. Ya, semoga bermanfaat dah.. aamiin.. ;)


 Babay..!!


0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com