Bumi Kepanasan |
Oke, in this post, gue bakal bahas tentang Mobil Hybrid. Mulai dari mesinnya, teknologinya, mobilnya itu sendiri, dan SPG-nya juga. Dan yang gue tekankan disini adalah “SEBISA GUE YA”. Jadi kalo banyak yang salah atau kurang memuaskan, silahkan komen aja.. #hehehe ;)
Mobil hybrid adalah mobil yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, menekan angka emisi gas buang, polusi udara, dan akhirnya menghambat laju pemanasan global. Makanya ni mobil menggunakan 2 tenaga penggerak yaitu mesin bakar konvensional (sebut aja ICE “Internal Combustion Engine” biar nggak kepanjangan) dan motor listrik.
Jadi, salah kalo mobil hybrid sama dengan EV (Electric Vehicle) , karna EV nggak pake ICE, cuma motor listrik doank. .:Terus darimana hemat bensinnya?? :f Kok yang nggerakin roda dua-dua an sih?, mesra banget..:. ( #halah ). Nah, langsung aja nih, kerjasamanya ICE sama electric motor pada mobil hybrid secara umum...
Jadi, salah kalo mobil hybrid sama dengan EV (Electric Vehicle) , karna EV nggak pake ICE, cuma motor listrik doank. .:Terus darimana hemat bensinnya?? :f Kok yang nggerakin roda dua-dua an sih?, mesra banget..:. ( #halah ). Nah, langsung aja nih, kerjasamanya ICE sama electric motor pada mobil hybrid secara umum...
Starting, low speed, Mid speed
Pada kecepatan rendah, ICE belum hidup, tapi mobil ini bergerak mengandalkan energi listrik yang disimpan dalam baterai untuk menggerakkan motor listrik. Kelebihannya tentu saja kita tidak menggunakan BBM pada kecepatan rendah sampai kecepatan sedang, bahkan motor listrik bisa menghasilkan torsi tinggi dikisaran RPM rendah, lebih halus, tidak bersuara, dan responsif. Ini beneran loh, dirumah ane juga ada EV (tapi berupa sepeda motor) dan bener walaupun EV gue cuma bisa 40km/h, setiap di pengkolan jalan, orang2 yang papasan sama gue pada kaget. Ya karena hampir nggak ada suaranya tadi. Makanya menurut gue inilah bahayanya, apalagi motor listrik di mobil ini digunakannya sampe medium speed. :#
Full acceleration
Pada saat mobil akan berakselerasi kuat, misalnya menyalip atau jalan tanjakan, ICE & motor listrik semuanya aktif dan bekerja bersama-sama. Nah, sistem ini pun juga mampu mengurangi pemakaian BBM karna gabungan kekuatan ICE & motor listrik memberikan kekuatan sebanding dengan mobil yang memiliki kapasitas mesin lebih besar satu kelas. Tapi waktu udah mencapai kecepatan tinggi, tiap mobil dari setiap pabrikan punya sistem yang berbeda-beda. Ntar dibawah ada contohnya deh.
Deceleration
Waktu pedal gas dilepas atau mau ngerem, energi kinetik dari putaran roda dimanfaatkan untuk memutar generator, dan menghasilkan listrik untuk mengisi baterai (regenerative braking). .:Gimana ICE nya??:. Tentu saja langsung mati secara otomatis. Jadi waktu mengerem pun nggak ada energi yang terbuang sia-sia. Namanya juga hemat BBM, gak boleh tanggung2 men.. :@
Recharging
.:Terus kalo nge-charge perlu di colokin ke stop kontak kayak hp gitu nggak??:.
Eits,, tenang aja, mobil hybrid ini pinter kok. Jadi pengisian baterai bisa dilakukan dalam keadaan berjalan, misalnya waktu tidak ada beban berat buat mobil, maka sebagian dari tenaganya ICE bisa disalurkan untuk mengisi baterai. Terus waktu deselerasi tadi juga itungannya nge-charge kan? Waktu kecepatan tinggi juga bisa nge-charge, tapi penjelasannya nanti dibawah ya... .:Hah,,gitu doank?? Nggak keburu abis tu batre??:. Ya nggak lah, pengisian kan berlangsung cepat. ;)
Eits,, tenang aja, mobil hybrid ini pinter kok. Jadi pengisian baterai bisa dilakukan dalam keadaan berjalan, misalnya waktu tidak ada beban berat buat mobil, maka sebagian dari tenaganya ICE bisa disalurkan untuk mengisi baterai. Terus waktu deselerasi tadi juga itungannya nge-charge kan? Waktu kecepatan tinggi juga bisa nge-charge, tapi penjelasannya nanti dibawah ya... .:Hah,,gitu doank?? Nggak keburu abis tu batre??:. Ya nggak lah, pengisian kan berlangsung cepat. ;)
Nah,,udah kebayang kan gimana prinsip kerjanya. Tapi rasanya kurang JOSS juga kan kalo belom bahas mobilnya. check this...
TOYOTA PRIUS
Toyota Prius 3rd generation |
Ini nih seniornya mobil-mobil hybrid yang diproduksi masal. Awal munculnya prius generasi pertama taun 1997 dan sekarang udah yang generasi ketiga. Dengan ICE inline4 berkapasitas 1.8L nya ini tenaganya adalah 98hp, ditambah motor listrik 36hp.
Prius Hybrid Engine |
Yang mau gue tekankan dari si prius ini adalah dia pake motor AC. Jadi perlu inverter untuk mengubah tegangan DC dari baterai. Entah apa alasannya, tapi waktu berakselerasi kuat, prius punya sistem kayak gini.
Full Acceleration |
Nah lo..bingung nggak?? Nggak usah dipikir,, gue yang dari tadi ngomong apaan nggak jelas aja nggak mikirin kok.. #sesat . :O
Jadi kalo akselerasi kuat, generator yang berputar dari putaran mesin pun ikut membantu supply tegangan ke electric motor. Nah,tapi kalo bebannya udah berkurang, mungkin panah yang dari generator itu jadi bercabang ke motor & ke baterai. Artinya baterai akan sekalian dicharge.
Jadi kalo akselerasi kuat, generator yang berputar dari putaran mesin pun ikut membantu supply tegangan ke electric motor. Nah,tapi kalo bebannya udah berkurang, mungkin panah yang dari generator itu jadi bercabang ke motor & ke baterai. Artinya baterai akan sekalian dicharge.
Dengan teknologi yang dipake prius ini (toyota menamainya HSD “Hybrid Synergy Drive”) mobil ini mempunyai komsumsi BBM ±30km/L dan kadar emisi gas buang ±89g/km.
Sumpah yee, ane ketemu sama ni mobil waktu berangkat sekolah, dan astaga..... Ternyata kalo diliat aslinya emang keren lho.. Sayang gue nggak sempet merhatiin suara mesinnya, yang gue liatin cuma lambang HSD yang ada di pantat si prius ini. Ya, biasa, soalnya gue udah keburu telat gitu. :O
Sumpah yee, ane ketemu sama ni mobil waktu berangkat sekolah, dan astaga..... Ternyata kalo diliat aslinya emang keren lho.. Sayang gue nggak sempet merhatiin suara mesinnya, yang gue liatin cuma lambang HSD yang ada di pantat si prius ini. Ya, biasa, soalnya gue udah keburu telat gitu. :O
HONDA INSIGHT
Honda Insight 2nd generation |
Ini nih saingannya prius, tapi sayangnya honda insight nggak dipasarkan di Indonesia. Insight generasi pertama keluar taun 2000, dan taun 2010 sampe sekarang, insight terbaru ini adalah generasi yang kedua. ICE-nya si insight ini adalah inline4 1.3L bertenaga 98hp dengan teknologi valve timing ciri khas honda “i-VTEC”.
Insight waktu pelan |
Nggak kayak prius, honda insight ini pakenya motor DC bertenaga 13hp dan motornya ini juga bekerja sebagai generator. Nggak kayak prius yang generator sama motornya misah.
Dan bedanya lagi insight dari prius adalah waktu high-speed, motornya mati,, tapi beralih fungsi menjadi generator terus mengisi baterai. Itulah teknologi IMA “Integrated Motor Assist” dari honda. Konsumsi BBM insight ±27km/L dan kadar emisi gas buang ±100g/km. Ya,,keren kan.
Yap, itulah sebagian mobil2 hybrid yang udah gue bahas. Tapi mohon maaf yah, bukannya mau men-judge suatu merk mobil, tapi ada alasan kenapa gue milih dua mobil diatas.
Ada alasannya,
1. Mobil diatas adalah mobil yang termasuk lama dan senior dalam dunia hybrid, jadi udah terkenal duluan, apalagi dua-duanya masuk TOP 10 mobil teririt BBM,
2. Honda insight emang dibuat untuk bersaing sama prius, jadi emang gak masalah kan?
3. Toyota Prius dan Honda Insight,, dua-duanya gue nggak punya mobilnya, jadi mungkin gue bisa adil dalam menilai.. #sambilnangis #pengen
Ada alasannya,
1. Mobil diatas adalah mobil yang termasuk lama dan senior dalam dunia hybrid, jadi udah terkenal duluan, apalagi dua-duanya masuk TOP 10 mobil teririt BBM,
2. Honda insight emang dibuat untuk bersaing sama prius, jadi emang gak masalah kan?
3. Toyota Prius dan Honda Insight,, dua-duanya gue nggak punya mobilnya, jadi mungkin gue bisa adil dalam menilai.. #sambilnangis #pengen
Dan akhirnya sampe disini aja postingan kali ini. ;) Kalo ada yang salah atau keliru atau kurang memuaskan, comment ajah ah... :D
SELESAI
0 komentar:
Posting Komentar