Macam-Macam Tes Ajaib, di Sini Tempatnya!

Rabu, 10 Juli 2013

Rotary Engine...

Assalamu'alaikum..


Rotary engine
Berawal dari waktu SMP, pas naik mobil bareng keluarga tiba2 dari belakang mobil yang waktu itu ane damba-dambakan (Mitsubishi Galant) nyelip.......cccuuuuuuiiiiittttttt.... .:apaan tuh,,kok cuit??:. hehe, pengennya sih efek nyelip dengan kenceng, tapi kok malah kayak burung pipit kejepit pispot yak?? sudahlah lupakan. :O

Waktu baca tulisan di belakangnya (V6-24), gw langsung tanya ke bokap. “yah,itu maksudnya apa sih? (sambil tangan kanan nunjuk dan tangan kiri ngupil)” . Dia jawab “oh, itu berarti mesinnya berkonfigurasi V, punya 6 cylinder, dan 24 valve,, mudeng gak??”. “enggak...”, Gw jawab dengan semangat 45. Nah, setelah percakapan yang mengubah dunia tadi, pulangnya langsung deh gw diajarin mesin sampe mencret. Sampai sekarang pun saya masih bego dan terus belajar(masih sering mencret juga..),, sampai akhirnya saya mengeluarkan kata “ajaib” pada sebuah mesin,,,...... “ROTARY”.
Gambar 1 : V6 engine
Rotary engine ditemukan oleh engineer German, pak Felix Wankel, makanya disebut juga mesin Wankel. Sebelumnya terima kasih pak Wankel. Mesin yang pake rotor berbentuk segitiga ini lagi getol-getolnya digarap mazda lewat RX-seriesnya,, kalo sebelumnya mazda sih gw gak tau, soalnya gue kan lahir taun 94, waktu itupun gw belum bisa apa2,, kalo baru mbrojol langsung bisa bongkar carburator, mungkin gw bakalan masuk youtube ngalahin briptu norman. .:emang taun itu udah ada youtube yak??:.. Disini gw bakal ngejelasinnya pun dengan mata orang awam (karna gw juga masih bego..). Biar kalo ada Temen Lo (TL) yang ngomongin ni mesin, lo gak bakal ndeso2 amat.

TL       :“eh,mobil gue mesinnya rotary engine lho..”
L         :“masa,,??” (padahal gak tau apa2.)
TL       :“iya,, Cuma 1300 cc tapi 247 hp@ 8500 rpm lho... keren gak??”
L         :(karna kepepet, lo terus mikir sendiri kayak gini,, engine = suatu benda yang membuat suatu kendaraan berjalan,, rotary = benda yang melakukan suatu putaran atau rotasi,, jadi intinya rotary engine adalah mesin yang digerakan oleh suatu putaran atau rotasi,,. Berarti rotary engine sama aja dengan ......... ..: sepeda.....:.).  “oh,, iya2 hebat.. tapi lo gak capek genjotnya coy...??”
TL       :“hah..???”
L         :“iya,rotary...,, digenjot kan?? :O

GUBRAKKK...DUEERRR...DASSHHH...PAKK...PPPOK...AME...AME....BELALANG....KUPUKUPU...SIANG....MAKAN...NASI...KALO...MALAM....JUAL....DIRI...........

Nah, makanya baca alat alat ajaib dulu,, kejadian diatas pasti tidak akan terjadi.. ( promosi on fire ).


Cara Kerja
Gambar 2 : Rotary engine
Masih seperti mesin konvensional pada umumnya yang “hisap-kompresi-tenaga-buang” bedanya gak naik turun lagi tapi berputar. Monggo dilihat,nih gambar dan penjelasannya... ;)

1.HISAP
Menghisap campuran bahan bakar dan udara dari intake manifold. Pada rotary engine langsung dari bolongan intake seperti pada gambar 2. Pada cylinder engine, intake valve terbuka, baru campuran bahan bakar dan udara masuk. :x





2.KOMPRESI
Campuran di bahan bakar dan udara ditekan. Pada rotary engine rotor berputar searah jarum jam sehingga terjadi penyempitan antara rotor dan rumahnya. Pada cylinder engine, piston bergerak ke atas karna gaya putar connecting rod, semua valve menutup, sehingga campuran tadi tertekan. :x




3.TENAGA
Setelah di tekan, campuran tadi diledakkan dengan percikan api dari busi. Pada rotary engine menjadikan gaya pada rotor untuk berputar searah jarum jam. Pada cylinder engine menjadikan gaya piston untuk bergerak ke bawah. :x







4.BUANG
Sisa hasil pembakaran dibuang,dialirkan lewat exhaust manifold. Pada rotary engine dialirkan lewat bolongan exhaust seperti pada gambar 2. Pada cylinder engine piston bergerak keatas masih karna gaya putar connecting rod, exhaust valve terbuka, sisa pembakaran terbuang. :x




Nah,, udah liat belom??,, hampir sama aja kan. Tapi penjelasan diatas cuma perbandingan biar gampang aja lho,, soalnya gambar diatas kan cuma siklus dari salah satu sisi si rotor itu, jadi kasarnya kerja 1 rotor itu bisa dibilang setera dengan kerja mesin 3 cylinder. ;)

Kelebihan Rotary Engine


Enteng bo’....

Kelebihan pertama memang jelas sekali kalau mesin ini ringan. Secara getooo loohhh,,no more camshaft, no more connecting rod, no more valves, no more cam belt, dan masih banyak lagi yang berkurang sampe katanya (katanya lho..) berat mesin ini gak sampe 150 kg, sedangkan mesin i4 aja ada yang sampe 1000kg. Jadi Wankel engine ini jauh lebih sederhana timbang mesin cylinder, kalo masalah cost,, lebih sederhana sih biasanya lebih murah, tapi gak tau juga sih ya,, soalnya kalo masalah duit gw agak minder,, maklum, beli permen aja ngutang.
Gambar 3 : inline 4 DOHC engine 

Minim getaran..
Tidak perlu mengubah gaya naik-turun piston menjadi gaya putar karna rotor ini pun sudah berputar searah dengan poros mesin yang nantinya disambungkan ke roda gila. Jadi kalo naik mobil mazda rx-8 misalnya, mungkin suara mesinnya bakal mulus2 aja. Oiya,, kalo lo seneng naik mobil pas ada jenggulan (polisi tidur) cuma ngurangin gas doank,kalo pake ni mesin pengaruh ngurangin gas pasti gak bakal kayak mobil lo,, BABLAASSSS.. :$

Rpm bisa tinggi-tinggi..
Sama kayak penjelasan diatas, rpm ni mesin jadi bisa tinggi,, max 9000 rpm aja masih enteng (katanya..lho..). Dan seperti percakapan gak penting antara TL & L diatas, mesin ber cc kecil yang notabene cc nya sama kayak espass bokap gw,, powernya bisa gede banget, top speednya 138 mph (rx-7 fc),, kalo espass gw lari segitu, mungkin bukan gara2 mesinnya tapi karna ketabrak pesawat ulang-alik..!!. Kalo penjelasan kenapa horse powernya pas udah jadi seekor mobil bisa gede, banyak faktor yang mempengaruhi,, dan saya pun masih butuh banyak pencerahan dari yang lebih ahli.

Kekurangan Rotary Engine


Seal-seal
Seperti gambar apex (bukan apèk,kalo apèk mah ketek lo..) seal yang menjaga kerapatan kompresi ini masih belum bisa dibilang sempurna banget ,, coba bayangkan kalo sealnya ini longgar atau katakanlah menggerus body, BOCOR. Jadi dia gak bisa menekan sempurna campuran bahan bakar & udara dan alhasil tenaga bakal drop.. :#

Mencret bensin...
Kalo kelebihan diatas ada yang judulnya “Rpm bisa tinggi2” maka itu juga yang menjadi kekurangan ni mesin. Torsi max rx-8 aja baru keluar di rpm 7000an dengan gear ratio yang lumayan panjang,, jadi ni mesin emang tarikan awalnya agak kurang mantap. Padahal si rotor di mesin ini berputar dengan cepat, jadinya nyedot bensin juga cepet, alhasil kantong lo juga cepet kempes, kalo kempes gak bisa makan, kalo gak makan ntar kelaperan, trus ntar kalo kelaperan lo gak bisa nyetir mobil, akhirnya mobilnya nganggur, nah kalo nganggur kasihin gue aja...(ngarep). Jadi selama rotor berputar sampe lo jelek pun, dia tidak akan berhenti menyedot bensin. :O

Nah, selesai juga,, segini doank nih yang saya tau. Maklum lah,,namanya juga newbie, masih butuh banyak belajar dan berdoa (mencretnya jangan..). Kalo banyak yang salah, tolong koreksi deh. ;)

.:haduh,, sob, kapan ya kita punya mobil beginian..??:.
Ya, ntar donk,, kalo udah banyak duit..
.:halah,, emang pernah punya duit... dasar coker... cowo kere...:.
Emang lo punya???
.:ada,, 50rb di celengan yang gambar miyabi keselek ban serep...:.
oh, haha,, duit lo udah ilang, udah gw bawa kabur,, gw umpetin di lobang hidung.. haha.. (boong)
.:yang bener, jangan gitu dong ?? emang muat?:.
Haha, muat dong,, lobang ajaib...!!
.:oh ???,, padahal duitnya koin semua lho....:.
?????? O,O"

SELESAI

4 komentar:

belajar elektronika dasar mengatakan...

huaahaha....

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

huaahaha.... juga...

Rifqi Tontowi mengatakan...

wkakaka.....
gokil bgt ziiss,,
lo tuh pantes'x jgn jdi tentor mesin ziiz, tpii pelawak ajja...
saingan ama si sii sigagap ovj itu..hehepiiss^^

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

okeh rip,,ta..ta..tapi..kan a..aku g..gak ga..gagap..

???

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com