Macam-Macam Tes Ajaib, di Sini Tempatnya!

Jumat, 12 Juli 2013

Lampu Hemat Energi (LHE)

Assalamu'alaikum..


kiri:sebelum , kanan:
setelah gue dzalimi
Inipun berawal dari ketidaksengajaan waktu disuruh nyokap nyalain lampu samping yang harus diputer dulu kalo mau dinyalain (baca:males masang saklar..). Dan kagetlah gue karna tiba2 JENG..JENG..JEGER.. aaaaawwww copoooot (jeritan waria kesurupan), :O ane kira yang bakal keluar adalah miyabi pake baju veteran, tapi ternyata sebuah rangkaian elektronika muncul dengan indahnya. Gue pun penasaran, rangkaian apa itu? untuk apa itu? kenapa ada disitu? maka disinilah cerita dimulai.... ;)

Sebelumnya post ini mau gue namain “Mencabuli Lampu Hemat Energi” tapi karna gw takut sama KPLI (Komisi Perlindungan Lampu Indonesia) dan kak Septong (ketua KPLI), jadi gw mengurungkan niat tersebut. Nah besoknya karna gue udah penasaran sama tuh lampu, langsung aja gue ambil dan gue perkosa selidiki tu lampu. Bermodalkan tang jepit keramat dan obeng maha sakti, saya lakukan proses pembongkaran dengan langkah-langkah yang benar,, yaitu diputer.. dijilat.. dicelupin.. #korbaniklanlabil . :O

oprasi pengrusakan
Tebakan pertama gue sama rangkaian ini pertamanya sih cuma rangkaian ACtoDC doank, tapi ternyata inilah yang disebut Ballast Elektronik (BE). Kegunaan “ballast” untuk membatasi arus dan mengoprasikan lampu pada karakteristik listrik yang sesuai, dan ”elektronik” karna ballast ini dibuat menggunakan rangkaian elektronik. Nah, disini gw gak akan membahas satu2 komponennya, soalnya ntar malah jadi panjang banget, keburu gue jelek malah repot ntar #pengakuanterlarang.

Oke kembali ke BE, ternyata cara kerjanya bukan cuma mengubah tegangan ACtoDC (lewat bridge dioda), tapi kemudian diolah secara elektronik oleh rangkaian converter DCtoAC untuk menyulut tabung Flourescent. Jadi udah ketauan kenapa daya listrik yang dipake kecil, karna tegangannya di convert jadi DC dulu. Dan juga energi listrik bisa maksimal menjadi energi cahaya, daripada lampu pijar yang masih banyak merubah energi listrik yang dihasilkan menjadi panas. 

Lampu pijar pertama kali ditemukan oleh pak Thomas Alfa Edison. Sebelumnya terimakasih pak Thomas. :$ Kalo mau tau penjelasan dan keterangan komponennya satu-satu,di blognya younky juga bisa kok (robotikdasar.blogspot.com). Gimana,, walaupun gue bego tapi tetep bisa ngejelasin kan *nodong pake sumpit*.
BE eurolite 23W,kalo yang
 saya bongkar emang cuma 7W,tapi sama
aja kok beda nilai doank..
Sekarang langsung kesimpulan aja nih,daripada ntar kalian malah tambah bingung (ngeles mode on ..padahal gue malah bingung sendiri..). Jadi kalo ada lampu mati, JANGAN LANGSUNG DIBUANG , yang dibuang cukup tabungnya aja. Kan masih bisa dituker sama lampu yang tabungnya bagus tapi rangkaiannya rusak. Atau mau diganti lampu neon kayak om http://mulyantogoblog.wordpress.com



 atau lampu LED kayak om http://udinmduro.wordpress.com/



terserah kalian, kembangkan kreativitas, manfaatkan barang bekas, say no to drugs, stop global warming, pilih saya menjadi ringbacktone kamu, caranya ketik KEBAKARAN (spasi) PAK kirim ke pak RT, dijamin ringbacktone nya bakal meriah banget (coba aja...). :O O iya, tungguin juga buatanku sendiri ya, pokoknya gak kalah spektakuler deh (serius lho..).





.: Men, semakin banyak lampu itu semakin terang gak sih?? :.
Ya jelas donk, emang kenapa?
.: Wah,, berarti tu pos ronda banyak lampunya ya,, secara terang banget geto..:.
*nengok* wwaaaaaaa,, ITU MAH KEBAKARAN BENERAN BEGO..!!... KEBAKARAN.. KEBAKARAN...



TAMAT

8 komentar:

belajar elektronika dasar mengatakan...

bang nama nya YWP aja.biar terkenal di semua blog. erna pakek YWP jadi kan bisa di sebut sebut bersama.

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

yeah,,ini dia nih orngnya... ^
YWP = YOWNPY I
oke udah kan.. I

belajar elektronika dasar mengatakan...

bikin jidat gw tambah lebar aja

belajar elektronika dasar mengatakan...

osama bin ladin = teroris
ajab bin ladin = cerita carita ajaib para teroris

Teknologi Informasi Selular mengatakan...

itu rangkaian kecil dikasih beban berat (TL) 10W apa gak over load tuh? kalo TL aslinya kan watnya kecil sekali?

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

Iya mas, bener, ballast-nya memang harus lebih besar maksimal 2x watt-nya si TL..
Kalo enggak, ntar cuma kedip-kedip..

obat herbal penyakit mengatakan...

makasih info nya

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

Sama-sama gan..

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com