Macam-Macam Tes Ajaib, di Sini Tempatnya!

Sabtu, 24 Agustus 2013

Merubah Kelistrikan Lampu Motor dari AC ke DC




Assalamu’alaikum..


Halo sob, akhirnya Tips Ajaib lagi nih. :D
Ceritanya gini sob.. Kemaren motor ane, EGA.. Ane ganti lagi lampunya.
Nah, tapi ane kurang puas, karena kurang terang kalo kita nge-gas nya pelan, atau dengan kata lain lampu si EGA masih ikut spool atau kelistrikannya masih AC.
Terus pertanyaannya, kenapa mau ane rubah jadi kelistrikan DC atau langsung ikut aki?? *timbulll pertanyaan*

Nih, langsung ane kasih aja kelebihan dan kekurangan-nya.. ;)



 Kelebihan

- Lampu jadi lebih terang.. Serius deh.
- Lampu jadi lebih stabil karena udah nggak ikut putaran mesin lagi.
- Lampu jadi bisa nyala walaupun mesin dimatikan.
- Beban motor jadi ringan, asli, rasanya kayak pake CDI unlimiter. Joss.. Tauk tuh kenapa. :O
- Siap untuk diganti lampu-lampu HID atau lampu yang terangnya kayak setan itu. :O Dengan catatan tinggal aki-nya kita aja, kuat apa enggak.


 Kekurangan

Emm, apa ya kekurangannya?? Emm, Nggak ada tuh. :O wkwkwk
O iya, lampu ane cuma halogen biasa sih, tapi dulu emang aki agak sedikit tekor. Tapi setelah ane ganti lampu kota atau backlight dan lampu2 di speedometer pake LED semua, sekarang udah stabil lagi kok. So, sekalian aja diganti. ;)


backlight head lamp
Backlight head lamp ane ganti LED biru.. hehe


indicator lamp
Backlight speedometer dan indikator lain juga ane ganti pake LED.. hehe



Yup, kita langsung aja ya. Gue berani jamin, cara gue disini adalah cara yang paling gampang bin mudah dari tutorial lain. Wehehe, siapa dulu.. Ajaib bin Ladden.. *applause* *bunga bertaburan*


O iya, nyiapin alat dulu sob, palingan cuma:

- Obeng +
- Tang Jepit
- Dan yang paling penting, Multimeter / Multitester


Pertama, buka lembaran-lembaran cerita baru.. *digeprak*. Bukan, buka body head lamp motor maksudnya.. O iya, tapi ini buat yamaha khususnya VEGA ZR lho ya. Kalo motor lain mungkin ada sedikit perbedaan warna kabel..

Kedua, cari soket yang berhubungan dari keluaran saklar lampu depan. Udah?? Cari kabel warna kuning. Yap, Itu dari kiprok buat lampu depan. Tegangannya AC, besarnya juga nggak pasti, ngikut gas-gasan motor. Udah ketemu?? Lepas aja dari soket. (Nggak di lepas juga nggapapa.. Sambungin langsung aja..)

Ketiga, cari soket yang paling banyak isinya.. hehe.. Cari kabel warna coklat. Udah?? Tegangannya DC, cek dulu gih pake multimeter. Nah, ini yang bakal kita sambung ke kabel keluaran warna kuning tadi.

Oke, tahap selanjutnya, langsung action aja.. Kan udah saya beri keterangan diatas, tinggal cari aja titik dimana nyambung dan mutus kabel tadi.. Nih, contoh punya saya.. Cuma ane cepit di soket doank kok.. :O Yang penting nyambung ah.. wkwkwk

wiring sambungan kabel lampu
Contoh sambungan kabel punya ane.. hehe


Terakhir.. Ya udah, gitu doank.. :D Tinggal pasang lagi aja body-nya

Dan...... Jadi deh.. jeng-jeng-jeng... :O

EGA vega ZR
#EGA #GantengMAX


Nah, gampang kan. Cobain dulu gih. O iya, jangan lupa coment kalo ada yang ngganjel di hati ya. :D

So, finally, sekarang kelistrikan lampu depan anda sudah jadi DC.. yeee... :@


Sekian...

20 komentar:

RiRi mengatakan...

kui lampu ne ndak putih?

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

hampir putih mbak..

Unknown mengatakan...

kalo buat satria fu gimana ya

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

sama gan, tapi pake double kiprok aja gan..
kabel dari ke lampu di kiprok satu dijadiin pengisian ke aki di kiprok kedua..

Unknown mengatakan...

cara ini bikin aki tekor gk broo??

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

Kalo dipaksa halogen emang agak tekor gan..
Bentar gan, bentar lagi mau ane update juga nanti..

Unknown mengatakan...

Sdh ane praktekin, gan.
Berhasil. Mantap. Hatur nuhun pisan. Top lah.

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

siip.. thanks gan..
tunggu aja, ane share yang lebih dahsyat nanti.. hehehe.. :D

Yuni Ariyandoko mengatakan...

gmna mas nek buat matik Skywave

Yuni Ariyandoko mengatakan...

Aq buingung mas

Unknown mengatakan...

sama mio sama g bro?

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

haha, nggak usah bingung mas.. waduh, suzuki beda warna kabel biasanya mas..

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

Keliatannya sama, tapi jangan dulu broo.. Mio akinya kecil..

Anonim mengatakan...

klo untuk motor nouvo gmna gan'
apakah sama!!
kabel coklat jga or gmna!!

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

Jangan liat dari warna gan..
Beda merek motor, beda warna juga soalnya..
Yang pasti, sumber arus DC langsung dari aki gan..

Anonim mengatakan...

Kalau pake HID kan butuh kiprok DC dan beban listrik naik. Itu perlu ganti spull juga gan? Matur nuwun

Unknown mengatakan...

gan kalau buat motor supra x 125 gmna gan? trims ksh

Unknown mengatakan...

laterus kabel kuning dari kiprok udah didiemin gitu doang gan?

Raharjo (Kontributor) mengatakan...

Iye gan.. Tapi nanti jadi percuma.. mendingan dua sambungannya dikasih dioda dan keduanya tetep disambung..
Nanti akan lebih baik

Rudiawan mengatakan...

Klu buat vixon lama gimna bos?soal.y lampu nya redup klu d gas.

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com