Macam-Macam Tes Ajaib, di Sini Tempatnya!

Rabu, 01 Januari 2014

The Untold Story

              Assalamu'alaikum..

           Sebentar lagi tahun baru. Dimana tahun depan, mungkin adalah tahun yang sibuk buat semua orang. Ada pemilu, ada piala dunia, ada pula hal-hal baru lainnya. Semester awal kuliah saya juga hampir usai. Ya, semester satu, semuanya masih gaje banget sumpah. Yang terakhir, umur 18 taun saya pun barusan berakhir. Banyak perubahan yang terjadi, salah satunya, jerawat saya tambah banyak. Hehe. Hey, itu fakta lho.

            Ngomong-ngomong soal fakta, saya jadi inget UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di kampus yang pengen saya ikutin. Berkutat soal fakta, keadaan, realita dan hal-hal berat lainnya yang bikin kepala puyeng. Ya, pers mahasiswa pastinya, BP2M (Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa) namanya.

            Sekarang, kalo menafsirkan kata-kata saya tadi bahwa UKM inilah yang “pengen saya ikutin”, jelas sekali bahwa saya baru “pengen”. Artinya saya belum masuk, belum jadi anggota. Ya, belum jadi anggota..!! Gila kan, satu semester berlalu, tapi masih berstatus “Calon kru Magang BP2M”, dan belum jadi anggota. Tapi tak mengapa lah. Prosesnya seru, bikin deg-degan. Hehe.

            Pertama kali niat daftar, saya download formulirnya dari internet. Keren kan, bisa dapet dari internet. Hehe. Tanpa pikir panjang, formulirnya langsung saya lihat dan print. Setelah selesai print dan jadi, langsung saya cermati dan ada sesuatu yang membuat saya tertarik. Yaitu “Surat pernyataan tidak akan mengikuti UKM lain selain BP2M”. Praktis, ini yang membuat UKM ini jadi unik buat saya. Kenapa ?? Jelas kan, berarti UKM ini bener-bener membutuhkan orang-orang yang loyal dan independen. Bener-bener UKM jurnalis sejati. Dan lagi, selembar surat inilah yang akan membuat mahasiswa lain berpikir 2x untuk ikut. Benar saja, besoknya waktu saya tawarin ke temen-temen, 30% menjawab “Lha nek rak keterimo piye??”. Sedangkan 50% dari mereka jawabannya sama, “Ojo, awal-awal ki melu sing akeh sisan. Nek siji tok, rugi entar.”. Sisanya alasan lain. Saya pun ketawa dalam hati, “Hahahahaha. Kok pikiran mereka sama ya?? Mainstream banget ih.”, pikir saya.

            O iya, agak rancu ya, kalo saya nggak cerita tentang diri saya sendiri dulu. Okelah, saya perkenalan lagi buat yang belum kenal. Ingat, kita masih perkenalan. Kalo kamu mau yang lebih serius, aku masih pikir-pikir dulu. Wkwk *digampar*.

Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan

            Nama saya Aziz Rahardyan, masih ikut orang tua di Semarang Timur, Pedurungan tepatnya. Kampus saya di Unnes, jurusan Teknik Elektro prodi PTE 2013. Nah, lalu apa hubungannya teknik elektro, dunia jurnalis, dan seorang Aziz Rahardyan ?? Eit, jangan salah. Jawabannya............. Sebenernya nggak ada sih. Hehehe. Eh, tapi cerita dibawah mungkin bisa mewakili.

            Mungkin berawal waktu masih kecil, saya bercita-cita jadi detektif. Tapi berhubung otak saya agak lola dan miring 30°, saya jadi agak pesimis. Akhirnya saya pindah haluan, tapi yang masih ada hubungannya sama detektif, yaitu cita-cita jadi dokter forensik. Ya, walaupun kandas cuma sampai SMP karna setelah itu saya masuk SMK jurusan Elektronika Industri. Wkwk, tapi impian ini masih bertahan sampe sekarang lho. Sampe-sampe saya bela-belain beli buku INDONESIA X-FILES nya Alm. dr. Abdul Mun’im Idries, Sp.F, pakar forensik terkemuka di Indonesia. Yah, tapi apa mau dikata, pasrah saja, Allah lebih tau apa yang lebih kita butuhkan.

Cover buku INDONESIA X-FILES
Cover buku INDONESIA X-FILES


            Akhirnya pilihan saya jatuh kepada dunia jurnalistik. Kalo orang yang berpikiran persis seperti saya begini, pilihan ketiga mereka hampir pasti jadi hakim, jaksa, atau pengacara. Tapi berhubung otak saya mungkin “nggak nyandak”, apa boleh buat. Toh saya lebih seneng berkumpul sama orang-orang yang nggak terus-terusan serius.



            Waktu itu saya lebih suka berita di TV. Saya juga nge-fans sama om Prabu Revolusi. Biasa, kecenderungan nge-fans sama orang yang mukanya mirip dengan kita. Haha #pede. Tapi dewasa ini, saya juga sering baca koran. Waktu STM, saya sebenarnya punya niat buat “belajar” di majalah sekolah. Tapi berhubung banyak sesuatu yang “ngganjel”, saya urungkan niat ini dulu. Lagipula jujur aja, saya dulu orang yang agak males baca berita. Kecenderungan saya cuma ada di berita kriminal. Berita lain saya agak males ngikutin. Ya, mungkin karna kecenderungan tadi. Muka saya memang agak kriminal. ._.

            Pucuk dicinta ulam pun tiba. Akhirnya saya masuk Unnes dan yap, UKM jurnalistik langsung saya sosor. Seperti yang saya ceritain tadi, saya print formulir, saya isi dan langsung saya kasih ke kantor BP2M di hari terakhir pendaftaran. Hehe. Iya, hari terakhir. Soalnya waktu Unnes Fair formulirnya ketinggalan di rumah. Tapi justru pucuk dicinta yang kedua, tanpa pandang bulu saya juga ajak temen-temen saya nemenin saya ke gedung UKM lantai 2. Keren kan?? Ngumpulin formulir aja pake ngundang masa segala. Wkwk.

Di kantor BP2M, saya ketemu langsung sama Dewi Maghfiroh selaku Pemimpin Umum. Tapi waktu itu mbak Dewi ngakunya bernama Bunga selaku PU (Pembantu Umum). Saya udah ada feeling sih, “ni orang pasti bukan pembantu umum deh.”. Kemudian saya cari-cari nama Bunga di Express, Nuansa dan Kompas Mahasiswa. Kok nggak ada ya??? Akhirnya misteri ini tersimpan sampai pada acara kumpul-kumpul pertama BP2M. Setelah itu barulah saya tau kalo namanya Dewi Maghfiroh jabatannya PU juga, tapi singkatannya beda, ternyata Pemimpin Umum. Sial, insting saya bener tapi saya ketipu satu hal kecil. -_-

            Banyak acara-acara lain menyusul kemudian. Salah satunya PJD (Pendidikan Jurnalistik Dasar) yang memberi saya banyak ilmu. Ada “bedah majalah” yang membuat saya kagum dengan kecermatan anak-anak jurnalis. Adalagi KJ (Kemah Jurnalistik) yang merupakan puncak dari semua acara anak-anak calon kru magang.

            Soal KJ ini, saya mau cerita sedikit dari awal. Eh, bentar, kalo dari awal berarti banyak ya. Hehe. Yaudah, berarti saya mau cerita “banyak” dari awal.

            Awalnya pastilah dari kumpul-kumpul pembagian kelompok. Sore itu habis ashar-an dan sedikit hujan, hawanya begitu kental dengan aroma tanah. Itu agaknya seperi obat bius yang tak tertahankan buat saya untuk tidur sebentar di kosan temen. Alhasil, saya telat satu jam. Oke, itu nggak sebentar, saya sadar.

            Di gedung UKM lantai 2 tepatnya di kantor BP2M, anak-anak lain udah pada kumpul bareng kelompoknya masing-masing. Saya masih celingukan sampai ketemu mas Ibnu dan disuruh masuk ke dalam kantor buat liat papan tulis yang berisi nama-nama dan pembimbing untuk pembagian kelompok. Begitu masuk, ternyata kelompok saya ada di dalam. Ya, kelompok 2.

            Disana udah ada mas Fajar sebagai LO, Dita, mbak Erin dan Eva. Wow, keren. Eit, tapi tunggu dulu. Kok saya bisa paham mereka?? Haha, iya donk, gampang. Secara gitu, mas Fajar yang nge-tes saya pas wawancara. Entah apa pikiran dia sewaktu mendampingi saya tes wawancara. Saya nggak pake bahasa formal sama sekali loh. Mana habis itu hopeless karena nggak disms lolos apa enggak, eh, ternyata nama yang lolos bukan disms, tapi ditempel di papan pengumuman. Haha.

Kalo Dita, saya paham karena dia kalo ada acara seringnya di belakang. Saya bisa inget Dita soalnya kalo ada acara juga, saya pasti adalah orang yang paling belakang. Atau bisa dibilang yang paling telat. Haha.

Mbak Erin terlihat mencolok di setiap acara. Dia lumayan aktif. Apalagi dia semester 3. Jadi gampang “niteni”nya. Ya, karna saya pikir wajahnya lebih muda dari anak-anak semester 3 lain. Wkwk.

Sedangkan Eva, dia yang paling mencolok. Udah aktif, gaya bahasanya juga anak PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) banget. Apalagi kalo setiap mau ngomong, dia pasti nyebutin nama dan jurusan. Jadi, kalo ada yang nggak inget Eva, kebangeten deh. Hehe.

“Eit, tunggu.. 1.. 2.. 3.. 4.. Kurang satu..!!”. Ya, begitu tau anggota kelompok saya kurang satu, reflex dan hasrat untuk melihat ke papan pengumuman jadi membesar lagi. Sayapun melihat Whiteboard di sebelah kiri saya dan..... Lah, ternyata anak ini.........

Sopyan namanya. Saya sudah kenal dia dari beberapa minggu yang lalu, dari acara-acara BP2M juga. Dia adalah temen satu rombel dari teman SMP saya. Praktis, kita langsung akrab dan cocok. Mungkin kita cocok karna kita itu beda. Sopyan lebih “to the point” dan langsung, jalan pikirannya juga terfokus dan dalam. Tipe-tipe orang melankolis lah. Eh, tunggu, kenapa saya nyeritain Sopyan jadi kayak yang di novel-novel romantis gini ya. Udah ah, pikiran kalian kemana-mana entar.

Well, berhubung saya sudah memperkenalkan semua anggota kelompok dua, kita skip skip skip langsung aja ya ke yang paling berkesan selama KJ. Ya, tentu saja waktu liputan dan langsung dibuat majalah sederhana pada malam harinya.


BP2M Unnes kemah jurnalistik 2013
Keluarga BP2M, Kemah Jurnalistik 2013.


Nama majalah kita adalah “KURSOR”. Eva yang ngusulin. Karena kursor itu adalah gambaran penunjuk yang mengarahkan pointer ke tujuan yang ingin kita “klik”, maka harapannya tentu saja agar pembaca yang membaca Kursor akan membuka pandangannya lebih luas dengan poin-poin yang terfokus dalam majalah ini. Hayo, keren nggak tuh.

Nah, berhubung saya sendiri adalah koordinator di kelompok 2, otomatis, saya juga jadi pimpinan redaksi di majalah Kursor ini. Hehe. Jujur, saya seneng banget. Walaupun ini majalah dengan tulis tangan dan gambar seadanya di kertas HVS, walaupun sederhana, tapi mengena di hati saya. #eaaaa. Eh, tapi cuma seneng kok, bukan bangga. Justru saya punya kebanggaan lain. Ya, berada di kelompok 2 inilah kebanggaan sesungguhnya.

Karna sebenernya juga saya yang paling nggak bisa apa-apa di kelompok ini. Maka, jadinya majalah ini 100% adalah kerja keras semua anggota. Tak ada yang tak berperan didalamnya. Mas Fajar sebagai LO sering banget bimbing kita dengan tips-tipsnya. Mbak Erin sebagai penulis berita utama, dia tegas, kritis dan tau banyak. Apalagi yang liputan berita utama ini cuma dia dan Eva. Eva sebenarnya mau “dipasrahi” berita utama dengan angle yang berbeda, ya semacam liputan khusus gitu. Tapi ah..... apa daya, kata mas Fajar waktunya nggak cukup, apalagi Eva udah berperan banyak banget dari mbantuin bikin cover, nulis salam redaksi, bikin puisi di rubrik karya sastra, belum lagi nulis feature tentang kita, belum juga ngilustrasi. Bener-bener hard worker deh. :’). Kalo Dita, dia berkepala dingin, tenang, enak buat diajak berunding dan bahan pertimbangan. Bener-bener setipe sama saya. Bedanya, dia cewek, saya manusia setengah serigala. #hloh. Dita nulis dua rubrik, rubrik opini dan liputan khusus yang waktu liputan itu bareng sama saya dan Sopyan. Jadi, kita tahu betul, dia punya kapasitas disitu. Sedangkan Sopyan, fokus ke liputan feature bertema iklim dan cuaca. Dari awal memang pembagian tugasnya 3 cewek dan 2 cowok untuk efektifitas. Jadi, Sopyan buat penulis feature adalah hal yang tepat. Pemikiran Sopyan yang dalam dan intuinsinya yang cukup tajam, secara tidak langsung juga turut mencerahkan garis merah yang membuat kita untuk memutuskan bahwa kita akan mengangkat perekonomian di desa Kopeng ini dan tema kita adalah “Manfaatkan Semuanya Selagi BISA...!!!”. Karena kita terinspirasi dari warga desa Kopeng yang telah memanfaatkan segala yang mereka punya disana untuk bertahan hidup dan membangun perekonomian yang sehat. yeeeeeeeey... #applause.

O iya, tinggal saya ya. Wkwk. Udah dibilangin kan, saya yang paling ngga bisa apa-apa. Wkwk. Akhirnya, saya ambil bagian yang temen-temen lain pada nggak bisa. Ya, ilustrator. Padahal saya juga nggak bisa lho. Tapi mau gimana lagi kan, nggak lucu banget kalo saya sebagai pimpinan maksa-maksa buat nulis berita utama. Haha. Ya, ini adalah kerja tim. Dari dulu sudah ada kata-kata bagus yang tertancap dalam benak saya, “Dalam tim, siapa yang bisa menempatkan diri dengan baik-lah yang akan membawa kesuksesan.”


Nah, inilah “The Untold Story” saya buat BP2M. Agak gaje memang, tapi namanya juga untold, kan biar lebih eksklusif gitu. Haha. O iya, belum afdol rasanya kalo saya sebagai penulis belum make a wish. Mumpung disini lagi hujan juga, kata orang-orang kan, “Berdoa disaat hujan adalah doa yang mudah diijabah Allah.”.

So, seperti yang saya tulis di atas. Selain peningkatan iman, kesehatan prima dan rejeki yang lapang, pastinya saya ingin merasakan lagi atas apa yang saya rasakan di tulisan saya tadi. Saya ingin merasakan lagi tantangan-tantangan besar dan profesionalisme yang terbalut persahabatan kuat dalam sebuah tim lagi. Saya ingin merasakan lagi seperti itu, ya, bahkan saya ingin merasakan yang lebih..!! Serba lebih..!!. Saya juga ingin banyak belajar. Setidaknya, saya ingin diberikan jalan, untuk berguna bagi orang banyak lewat apa yang saya sukai. Aamiin.

Well, Sekian dari saya dan....... Happy New Year.......!!! ;D


                                                                                                           Aziz Rahardyan


                                                                                            Semarang, 1 Januari 2014


0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com