Macam-Macam Tes Ajaib, di Sini Tempatnya!

Selasa, 27 Januari 2015

Siapa Bilang Main Game Bikin Goblok?



Assalamualaikum..

Hacker boy ngegame
Terkadang kita perlu melihat perspektif lain dari hal-hal yang dianggap negatif. Ambil contoh, misalnya bermain game. Banyak orang tua yang melarang anaknya bermain game, bahkan ada yang sampai membuat Gerakan Anti Game untuk anak. Mereka menganggap, game menjadi semacam candu dan pengantar anak-anak menuju pembodohan. :(

Hmm, apa benar begitu? :f

Eits, jangan buru-buru menyimpulkan, main game itu ternyata tidak melulu negatif, lho. Ada juga dampak positif yang bisa kita dapatkan dari bermain game. Mau tau? :$

Oke.. Biasanya ane selalu share tentang hasil riset atau penelitian. Tapi kali ini, ane mau berbicara yang real aja perihal dampak positif bermain game. Tapi walaupun begitu, tenang saja, semua yang ditulis di sini tetap berdasar pada pengamatan terhadap objek penelitian kok. Yaitu: adek ane sendiri. :O

Game Perang Membawa Penerangan :O


Berawal dari game Samurai Warriors 2 yang ane install di laptop. Game yang bergenre First-Person Action ini menggunakan latar Jepang zaman Azuchi-Momoyama. Menitik beratkan skenario pada pertarungan antar samurai sebagai gameplay.


Samurai Warriors 2 Empires

Kita akan diberikan pertempuran besar dengan tokoh karakter samurai lain di zaman itu. Misalnya Nobunaga Oda, Toyotomi Hideyoshi, Mitsuhide Akechi, dll. Menariknya, sebagian pertempuran disana bersifat real, nyata dan benar ada dalam sejarah, seperti Incident at Honnoji, Battle of Sekigahara, dll. :@

Setiap karakter mempunyai skenario yang berbeda. Seolah-olah seperti bermain kemungkinan: jika yang menang ini maka Jepang akan begini, jika yang itu maka akan begitu. Ya begitulah, walaupun berbeda, setiap karakter pastinya tetap ingin memperjuangkan perdamaian dan memajukan Jepang kok. ;)



Nah, berawal dari situlah rasa penasaran adek ane (sebut saja Ufi) mulai muncul. Mula-mula dia hanya menunjukkan dengan cara ngegame seharian (iya, bener-bener sehari, 24 jam -___- :r ). Alasannya sih, ingin menemukan kebenaran. Entahlah, barangkali juga memuaskan rasa penasaran.

Tahap selanjutnya, gamers biasanya akan browsing untuk mengobati rasa penasarannya. Mencari referensi dan menemukan fakta asli dari skenario game tersebut (konon, sebelum ini Ufi penasaran ingin mendapatkan karakter Nobunaga Oda dulu, dan percayalah, itu lama banget -___- :r ). Dari sini, kita sudah bisa merasakan dampak positif dari game tersebut untuk Ufi: Membuka pikiran.


Oda Nobunaga, Game and Reality

Kalau game ini tak pernah ada, mungkin Ufi tak pernah tau Jepang zaman Sengoku, samurai era Shogun, juga kepemimpinan Oda Nobunaga. Sampai-sampai mencari referensi dan membeli buku riwayat Oda Nobunaga. Khusus yang terakhir, rupanya Ufi menjadikannya sebagai tokoh favorit. Gila. (mungkin dia juga bilang hal yang sama, kalau tau tokoh favoritku itu Joker :D).

Jadi kesimpulannya, ternyata bermain game juga punya dampak positif. Misalnya membuka pikiran dan pengetahuan bagi para gamers yang curious seperti yang terjadi pada Ufi. Bahkan, bisa bermanfaat bagi pergaulan juga, lho. Bayangkan, dia sudah seperti pengamat Jepang zaman Oda Nobunaga di sekolah dan di rumah. Bahkan dia pernah mengajak teman-temannya ke rumah hanya untuk diskusi tentang para samurai di zaman Sengoku. Hayo, keren nggak tuh? :x

So, masih mau bilang main game itu bikin goblok?

I don’t think so… ;)

Selain itu, ane telah merangkum beberapa keuntungan lain dari ngegame bagi sebagian orang. Ini ane tanyain langsung dari banyak responden lho. Jadi jangan ragukan validitasnya. :O Oke, ini dia:

Lebih Pintar Bahasa Inggris



Listen


Kita bisa karena terbiasa. Ane inget, guru bahasa Inggris ane pernah bilang, “Cara terbaik untuk belajar bahasa inggris adalah: Sering Mendengar,”. Entah dari lagu barat, VJ di MTV, percakapan di film, dll. Gitu katanya. :$

Gamers yang biasa main PES tiap hari setidaknya bakal tau artinya, “The flag is up, it’s offside,” atau “It is absolutely no mistake. He scores!!!!”. Sebab sering mendengarnya berulang dan konsisten. Begitu juga pada permainan lain.

Jadi mendengar komentar atau percakapan di game terbukti bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Asing, lho. Bahkan, kemampuan speaking dan vocabulary para gamers bisa lebih baik daripada yang belajar biasa aja. Percaya deh.

Mengajari Fair Play



fair play


Game mengajari kita untuk mencapai goal atau tujuan permainan lewat sebuah perjuangan. Apalagi game olahraga dan permainan tim. :d

Ya, walaupun ada cheat atau cara bermain curang, setidaknya cheater pasti belajar sesuatu, “Aku hanya bisa bermain curang dalam game. Aku tak akan bermain curang dalam hidup, sebab kehidupan bisa mencurangiku kapan saja.” (Ini dari temanku NMPS, Master Cheater :O)

Belajar Mengambil Keputusan



What de ffff???


Ini sering dirasakan oleh gamers bergenre puzzle dan strategi. Misalnya Age of Empires, Knights of Honor, maupun Football Manager. Biasanya mereka bisa langsung mengaplikasikan apa yang mereka dapat dalam game di dunia nyata. Dalam berorganisasi, belajar kepemimpinan, dan bekerjasama.

Makanya jangan heran kalau gamers terlihat bisa diandalkan dalam tim, sebab sudah biasa dan tau caranya mengambil bagian dalam bekerjasama. :$

Mengenal Sejarah



Townsmen Revolution 6


Dari dulu telah banyak game yang mengambil tema sejarah dunia. Seperti yang dialami Ufi diatas dan barangkali banyak orang lain. Ane juga masih inget, dulu pertama kali tau adanya revolusi Perancis dari game Townsmen di handphone. :D

So, sangat disayangkan jika sejarah hanya untuk dijadikan bahan mid-tes dan UAS semata. Ayo dong developer Indonesia, ciptakan game bertema sejarah. :t




Itulah beberapa keuntungan atau dampak positif bermain game. Walaupun begitu, efek positif ini hanya bisa dihasilkan jika gamers mempunyai 1 hal yang dibutuhkan: rasa penasaran. Ya, teruslah simpan rasa ingin tahu yang tinggi. InsyaAllah, bahkan setiap hal bisa dimaknai dengan positif. ;)

Kalo ada dampak positif bermain game yang kalian tahu tapi belum dicantumkan, komen ya.. :D



Bye.. ;)





Sumber gambar:

http://englishvskurdish.blogspot.com/2014/08/difference-between-listen-and-hear-11.html
http://www.psychologyofgames.com/2011/05/the-psychology-of-fair-play/
http://www.funnyjunk.com/funny_pictures/1216346/Railway
http://soulmot.mywapblog.com/games-townsmen-6-revolution-strategy.xhtml



0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com